Sobekan Kedua: Tentang Kapal

Ada gak sih yang nungguin catatan sobekan kedua ini? Gak ada yah? Hahaha. Buat yang nungguin juga saya sarankan skip aja bagian ini, langsung baca sobekan ketiga aja yang berisi cerpen-cerpen saya :D. Beneran deh, soalnya ini sobekan isinya agak-agak alias wajib serius gitu karena dibuat sebagai laporan gitu. So, mending gak usah dibaca, kecuali Bloggy kepengen dapet ilmu baru tentang kapal, laut, dan perbatasan.

Profil Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dr. Soeharso 990

Kapal ini merupakan jenis kapal bantu rumah sakit yang memiliki badan kapal sepanjang 122 meter dan lebar 22 meter. Tinggi anjungannya mencapai 25,4 meter. Kapal 11394 ton ini memiliki tugas pokok sebagai kapal bantu rumah sakit, evakuasi medis, dan melaksanakan SAR.

Dalam proses evakuasi medis KRI dr. Soeharso menggunakan LCU (Landing Craft Utility), Helly, dan Hovercraft. Sementara pada saat-saat tertentu, kapal yang dibuat di Korea pada 1992 ini memiliki tugas tambahan untuk mengangkut material atau personil.

Akomodasi ruangan dalam kapal terbagi atas enam deck (lantai) yang diberi nama sesuai dengan urutan huruf abjad, yaitu A sampai F.
deck A    : Car Hold

deck B    : Troops Room

deck C    : Hospital Room

deck D    : Crew Room

deck E    : Officer Room

deck F    : Bridge Room
sebagai kapal bantu rumah sakit, Hospital Room menjadi semacam ruangan yang menggambarkan suasana rumah sakit di darat. Segala macam poli yang terdapat di rumah sakit darat juga dapat ditemukan di sepanjang deck C ini. Fasilitas kesehatannya sendiri setingkat dengan rumah sakit kelas B dan dipimpin oleh pamen. Pada masa pelaksanaan tugas rumah sakit ini dilengkapi oleh dokter spesialis di bidang bedah umum, bedah jantung, mata, penyakit dalam, anestesti, cardiologi, kebidanan,  gigi, THT, dan juga terdapat dokter umum.

Aturan dan Larangan Dalam Kapal

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan selama di dalam kapal

  1. Dilarang membuang sampah sembarangan karena sampah sekecil apapun apabila menumbat salah satu lubang dapat menghentikan semua sistem (mesin) kapal yang sedang bekerja.
  2. Dilarang menekan tombol panel di kapal
  3. Dilarang bersandar di reling
  4. Berperilaku sopan
  5. Menjaga kebersihan dan kerapian
  6. Tepat waktu di setiap kegiatan
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s