nukilan #22

“Jangan rusak takdir kamu dengan melakukan hal-hal buruk.” kata Ibu.

Hari ini, setelah segala kelelahan hinggap pada puncaknya. Hanya kepada ibulah semua beban teringankan karena lantunan kata-katanya.

“Kita sepakat, Allah tidak akan mengubah keadaan kita jika kita sendiri tidak mau mengubahnya. Kalau takdir buruk bisa berubah baik, kenapa takdir baik tak bisa menjadi buruk? Bisa jadi, kan?”

Ibu menghela napas, tersenyum bijak, kemudian melanjutkan.

“Ketika kamu mencintai seseorang, bisa jadi Allah sudah menyiapkannya untuk berjodoh denganmu. Tetapi karena kamu melakukan hal buruk, hal itu tidak jadi terjadi. Kamu merusak takdir baik yang sudah disiapkan Allah untukmu karena perbuatan burukmu sendiri. Bisa jadi, kan?”

Jleb. Taffy merasa ada sesuatu yang menikam jantungnya. Entah apa.

“Tapi, bukankah rezeki, jodoh, mati itu sudah ditentukan ya, Bu?”

“Sudah ditentukan. Tapi jalan ke sana kita yang pilih sendiri.”

“Maksudnya?”

“Entahlah. Tapi menurut Ibu, takdir itu tak cuma satu. Ibu berjodoh dengan ayahmu yang baik, mungkin karena kebaikan ibu setara dengan kebaikan ayahmu. Begitu pun keburukannya. Laki-laki yang baik untuk perempuan yang baik. Alquran sudah bicara dan kita tak berhak menyangkalnya. Tanggal kematian manusia sudah ditentukan, tetapi bagaimana seseorang meninggal nanti itu dia sendiri yang memilih. Mau meninggal sebagai orang baik atau sebaliknya. Makanya kita disuruh berdoa. Di dunia ini tidak ada satu pun yang pasti. Kepastian itu ya ketidakpastian itu sendiri.”

“Jadi?”

“Tidak perlu bertanya dan bertanya lagi. Berbuat baik saja. Ketika kamu mengingatnya, lakukankah satu buah kebaikan. Barangkali itu eksekusi cinta yang benar.”

Taffy memeluk ibunya erat tanpa berkata apa-apa. Dia tidak tahu kata apa yang melebihi kata terima kasih untuk seorang ibu.

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s