nukilan #24

“Hey”

“Apa?”

“Aku yang seharusnya bertanya. Ada apa denganmu. Kau terlihat resah seharian ini.”

“Tan, apa saat ini kita masih bisa berdoa?”

“Ya masihlah. Selagi ada napas. Soal pengumuman besok, ya?”

“Hwaaaaa. Tan, pliiis! Aku gak bisa membayangkan kalau besok ternyata aku gagal lagi. Tan, aku takut.”

“Takut apa? Apa pun yang terjadi, kita harus terus berjalan.”

Taffy diam. Di dalam pikirannya berkelindan segala reka kejadian setelah esok. Akankah masa depannya hanya ditentukan oleh sekalimat “maaf” atau “selamat”?

“Masa depan jangan dibayangkan, Taf. Tidak akan bisa.”

“Trus?”

“Direncanakan. Dipasrahkan.”

“Jika semua yang kita rencanakan dan kita harapkan itu ditolak oleh Allah gimana?”

“Ketika Allah tak mengabulkan mimpimu, bukan berarti Dia menolaknya. Aku juga gak tahu besok gimana. Tapi cemas hanya menambah buruk suasana. Yaudah, sabar aja menunggu hasilnya.”

“Ah, sabar! Harus sesabar apa dalam menunggu? Aku cemas, Tan.”

“Sabar itu, ketika kita masih percaya pada ketentuan Allah. Baik atau buruk kejadian yang menimpa kita pasti baik menurut Allah. Kayaknya itu kamu yang bilang deh. Sabar itu gak ada batasnya, Taf. Tapi banyak pilihannya.”

“Banyak pilihannya?”

“Iya. Mau memilih bersabar dengan cara apa. Yang jelas, sabar itu bukan berarti tak berbuat apa-apa. Bersabar itu bergerak. Bersyukur juga bergerak. Asik. Hahaha.”

“Jadi, apa yang sekarang bisa dilakukan?”

“Bergerak. Gerak minimal itu mengucap doa.”

“Apa iya doa kita masih bisa mengubah hasilnya?”

“Seenggaknya kita bisa berdoa agar kita siap bersyukur dan bersabar jika pengumuman tiba. Aku yakin, rasa cemasmu pasti hilang. Masa sih, kamu gak percaya sama Allah. Allah, Taffy. Allah. Apa pun hasilnya besok, itu keputusan Allah!”

Taffy membuang napas. Seperti ada yang hilang. Cemasnyakah?

Leave a Reply

