Kepercayaan dan Pernikahan

Lebaran tahun ini, banyak teman kecil yang menikah atau bertunangan. Sama sekali tak menyangka sebelumnya, teman-teman kecil saya yang dulunya masih ingusan sekarang sudah akan berkeluarga. Lantas, saya hanya bisa senyum-senyum setiap kali ditanya “kapan?”. Wah, memikirkannya saja saya masih takut. Hehehe.

Saya baru saja bertemu teman kecil, Bloggy. Dia bercerita tentang kisah cintanya yang tragis. Ini efek sensasi tunangan dan nikahan yang sedang ramai di generasi kami, jadilah setiap obrolan tak pernah lepas dari hal begituan. Hm, katanya, dia batal menikah dengan pacarnya hanya karena tanggal lahirnya sama dengan tanggal lahir calon mertuanya. Itu pertanda buruk, katanya.

Pulangnya, saya cerita sama ibu. Terkejutlah saya ketika ibu bilang tanggal lahir ayah sama dengan kakek.

“Ayahmu itu lahirnya Minggu, sama kaya embah. Tapi orang-orang tahunya Kamis.”

“Hah, kok bisa begitu?”

“Iya, ayahmu pas ditanya lahirnya hari apa diem aja. Terus para sesepuh mengira-ngira hari lahirnya dari huruf depan ayahmu.”

“Hahaha. Terus terus? Kok kakek meninggalnya lama?” Menurut kepercayaan, jika seorang menantu memiliki hari lahir yang sama dengan mertuanya, salah satu di antaranya akan cepat meninggal.

“Ya, kan para sesepuh itu percayanya ayahmu lahir Kamis, bukan Minggu. Hahaha.”

“Hihihi. Ayah pinter banget ya, Bu.”

“Semua itu tergantung kepercayaan, setelah ibu, keluarga kita udah gak percaya begituan. Orang-orang tuanya sudah meninggal semua.”

Yah, baiklah. Satu lagi pembelajaran dalam kehidupan: percaya. Semua hal sejatinya bergantung dari seberapa besar kepercayaan kita. Saya percaya, saya akan menjadi penulis terkenal. Entah bagaimana jalannya, saya percaya Allah akan mengabulkan jika memang itu baik untuk saya. Ya, insya Allah 🙂
Tegal, 12 Agustus 2013

Leave a Reply

