nukilan #43

“Aku lelah, Tan. Selalu seperti ini setiap kali mendengar kabar tentangnya. Ternyata bener, ya, seberapa besar kita coba menahan, pertahanan itu akan runtuh kalau ketemu orangnya. Belum ketemu malah.”

“Kamu hanya perlu mengalah. Mengalah pada ego kamu sendiri. Tak perlu menafikan diri, hadapi, hayati, lalu nikmati. Simpel.”

Taffy mendengus. Teoritis!

“Cinta itu gak akan pernah lelah seberapapun kamu yang harus mengalah.”

“Oh, ya. Aku lelah, berarti aku gak cinta?”

“Kalau kamu lelah, kamu udah berhenti dari dulu gak sih. Entahlah. Tapi kupikir, apa yang Talha bilang itu benar. Sepertinya kamu memang cuma perlu ikhlas. Karena toh bersamanya sekarang juga tidak akan memunculkan kebahagiaan, iya, kan?”

Taffy diam.

“Aku ingin pergi sejauh-jauhnya. Memutus semua komunikasi tentangnya dan lari dari semuanya.”

“Kamu sudah mencobanya berkali-kali. Itu bukan solusi.”

“Jadi?”

“Akui bahwa kamu mencintai. Maafkan dirimu sendiri. Titipkan cinta itu pada ilahi. Kemudian tetap berdiri. Jika, sulit, gak ada pilihan laini. Kamu harus terus berusaha sampai ada yang datang dan meminta roda itu berhenti.”

“Roda?”

“Kayaknya yang di film Marmut Merah Jambu itu bener deh, cinta itu seperti marmut merah jambu yang berlari pada sebuah roda, dia pikir dia udah berlari jauh, padahal dia masih di tempat itu. Gak ke mana-mana.”

“Nikmati aja perputaran roda itu, Taff. Keliling dunia kalau perlu. Dan kalau kamu sudah siap berhenti, keluarlah dari roda itu. Jadi nikmati aja. Asyik, kan?”

“Gitu, ya?”

“Yap. Gak papa, asal kamu tetap nurut sama Allah. Jadi biarin aja dia pergi, gak usah dicari. Toh dia gak akan membawa kebahagiaan sejati kalau di sini sekarang. Itu yang harus kamu ingat. Lagian, ada Allah kok. Masih ingat pesan ibumu?”

“Jika aku mengingatnya, lakukanlah sebuah kebaikan. Jadikan setiap masalah menjadi ladang pahala untuk diri kita sendiri.”

“Beristighfar itu kebaikan, berdoa juga kebaikan. Iya, kan?” lanjut Taffy.

Tan mengangguk mantap.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s