Saya sadar, akar dari segala masalah saya selama ini adalah satu: gak konsisten. Ada banyak hal yang saya mulai, tapi tidak saya selesaikan. Banyak. Terlampau banyak. Ada banyak rencana, resolusi, gebrakan, atau apalah namanya, yang di awal-awal saya kerjakan begitu semangat, lalu kendor di tengah, kemudian menyerah. Banyak, sungguh terlampau banyak.

Allah, saya sungguh merasakan betapa keistiqomahan sangat susah dilakukan. Dan saya teringat sangat nasihat Rosulullah untuk selalu istiqomah. Allah, maafkan saya. Ampuni segala kesalahan saya.

Jika mengistiqomahkan diri sendiri saja saya masih sebegini payahnya, bagaimana saya bisa mengistiqomahkan orang lain, ayah, ibu, kakak, adek, sampai anak-anak yang senang mendengarkan cerita saya. Allah, saya merasa begitu lemah dengan segala kenikmatan dari-Mu yang (mungkin) belum sepenuhnya saya syukuri. Namun, saya merasa harus memikul sebuah tanggung jawab yang menaksir beratnya saja saya tak mampu, bagaimana saya bisa memikulnya?

Dan satu sisi dari dalam diri berbisik, saya harus kuat. Setidaknya, harus lebih kuat dari orang-orang di sekitar saya sekarang. Agar saya bisa menguatkan mereka. Tapi di sisi lain, saya tak percaya dengan diri saya sendiri. Saya takut. Allah, saya minta maaf. Saya minta maaf jika pada akhirnya saya harus menunjukkan kelemahan saya di sini. Kepada orang-orang yang tidak mengenal saya sepenuhnya.

Hari ini saya ingin memulai satu hal dan ingin menuntaskannya sampai akhir. Saya ingin memperbaiki diri saya. Saya ingin belajar. Saya ingin menjadi lebih kuat agar bisa menguatkan orang-orang di sekitar saya. Dan salah satu cara agar saya sedikit lebih kuat adalah mengistiqomahkan diri.

 

Leave a Reply

