Jalan Pikir Orangtua

Pengalaman menjadi guru, berhubungan dengan orangtua murid, menerima komplain, dan menghadapi sejuta pertanyaan dari orangtua tentang anaknya di sekolah akan menjadi pengalaman yang membelajarkan. Bagaimana tidak, polemik dan efek dilematis yang muncul dari aneka kejadian itu membuat saya belajar banyak.

Sejatinya, setiap anak bisa menjadi dua sosok yang berbeda ketika iadi rumah dan di sekolah. Sejatinya pula, baik guru maupun orangtua,  sama-sama merasa paling memahami siswa-anaknya dengan baik. Sayangnya, apa yang dipahami guru di sekolah terkadang tidak sama dengan apa yang dimengerti orangtua saat di dalam rumah. Perilaku dan sikap anak ketika di rumah dan di sekolah pun seringkali berbeda.


 

Rumah adalah kawasan ideal setiap orangtua untuk membentuk anaknya, sesuka hatinya. Anak tumbuh menjadi sosok idaman. Tapi di luar, lingkungan dan teman-teman bisa sekejap mengubah semuanya. Sedihnya adalah jika sang anak merasa dunianya yang sesungguhnya justru bukan ketika ia di dalam rumah. Salah siapa?

Sekolah adalah jembatan paling aman bagi anak untuk menunjukkan jati dirinya. Maka seringkali guru menerima murid yang karaktenya jauh berbeda dengan karakter di dalam rumah. Saat guru mencoba melakukan pembelajaran dengan karakter yang terlihat. Orangtua protes. “Anak saya tidak begitu,” katanya.

Huft. Ini fenomena yang sering saya lihat. Susah ya jadi orangtua. Tidak mudah membesarkan anak dengan rasa nyaman untuk menjadi dirinya sendiri. Tidak mudah menanamkan karakter yang kuat, yang tumbuh melalui kesadaran, bukan ketakutan, sehingga anak kita tetaplah menjadi anak kita di mana pun ia berada.

Sekarang, karena sudah sadar betapa berat tugas orangtua, ada baiknya berdoa dari sekarang kali ya. Dari sebelum punya anak. Dari sebelum menikah. Semoga kita diberi pemahaman, pengetahuan, dan kemudahan dalam mendidik anak-anak kita nanti. Anak-anak yang tumbuh di zaman yang tentu berbeda dari zaman kita kini.

Advertisements

One thought on “Jalan Pikir Orangtua

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s