Ide yang Terpotong-potong

Ide yang Terpotong-Potong

Kadang saya merasa sedikit keren kalau menilik tulisan-tulisan saya di masa lampau. Saya sering menuliskan tentang pengalaman saya dan orang-orang di sekitar saya menjadi sebuah rangkai kisah yang seru dan mengesankan. Sayangnya, semuanya hanya sekadar rangkai, buka rangkaian. Beberapa rangkai kisah itu juga tak saling berhubungan. Yah, hampir sama dengan nukilan lah ya.

Seringkali saya dihadapkan pada perenungan berjam-jam karena ingin menghubungkan segala rangkai seru itu menjadi satu kesatuan cerita yang memberdayakan. Tapi, kenyanyaanya tak semudah mengetik tulisan ini. Fiuh. Pagi ini, tiba-tiba saja saya berpikir, apa selama ini salah ya?

Mungkin, saya selalu terjebak pada cerita-cerita masa lalu yang ingin saya selesaikan. Tapi nyatanya sulit sekali kembali menjerang kenangan yang telah lama berlalu, apalagi untuk meneruskannya menjadi kisah menggugah. Saya ini kan pelupa.

Kadang, saya merasa saya harus membuka mata. Seperti yang sering ibu saya katakan, lihat saja lingkungan sekitar. Pasti ada hal-hal menarik yang bisa dijadikan bahan cerita. Hm, saya selalu berpikir, jika meneruskan cerita lama saja sebegini sulitnya bagaimana mungkin saya mau membuat cerita baru yang harus dimulai dari awal lagi?

Lalala. Tapi mungki yan sudah lalu biarkan berlalu kali ya. Gak ada salahnya membuka lembaran baru kan? Soal entah kan berujung atau berhenti di tengah jalan seperti sebelum-sebelumnya, itu beda cerita. Yang penting kita usaha. Begitu, ya, Bloggy?

Saya selalu ingin menuliskan semua yang saya tahu, semua pengalaman seru yang saya temui, dan semua cerita-cerita keren yang pernah saya temui di dalam tulisan saya. Mungkin itu kenapa tulisan saya jadi gak jadi-jadi. Cerita yang saya bikin jadi semacam ide yang terpotong-potong. Ernest Hemingway bilang, penulis itu gak harus menuliskan semua yang dia tahu. Secukupnya aja, katanya.

Lalala. Jadi, saya harus mulai dari mana?

Leave a Reply

