Kabar Duka

Innalillahi wa innailahi rojiun…

Beberapa hari ini saya banyak mendengar kabar duka, baik datang dari tetangga, saudara, murid, maupun teman lama.

Kemarin lusa, saya begitu kaget mendengar murid saya dikabarkan meninggal dunia karena sakit. Siswi kelas XII SMA itu masih sempat mengikuti wisuda di sekolahnya sebelum akhirnya kejang dan kritis.

Pagi ini, saya jauh lebih kaget ketika membuka whatsapp dan grup angkatan SMA ramai dengan berita meninggalnya teman seangkatan kami. Teman yang belum lama menikah, teman yang belum lama juga saya ketemu saat jalan-jalan bersama istrinya di GOR. Semalam, setelah makan malam, saat hendak ke kamar, dia pingsan dan kejang. Kemudian meninggal.

Secepat itu. Setidak disangka-sangka itu.

Tiba-tiba saya merinding. Teringat salat yang sering di akhir waktu gegara sibuk dengan ini itu. Teringat Alquran yang makin jarang berpindah halaman. Teringat pikiran yang makin sering memikirkan keduniaan.

Kata Pak Ustaz, kabar kematian adalah surat dari Tuhan. Sebagai pengingat bahwa setiap manusia kelak akan menghadapinya. Seperti selayaknya surat lain, semoga kita bisa membaca isinya baik-baik.

Leave a Reply

