Lebih Enak Hidup Tanpa Medsos, Sepertinya

Selamat siang, Bloggy.

Seminggu sudah lebaran berlalu, rasanya ada kedamaian yang menyelinap entah ke mana. Satu yang paling terasa adalah setelah saya kembali aktif di media sosial.

Selama Ramadan, saya sengaja tidak mengaktifkan medsos yang saya punya. Facebook, BBM, Whatsapp, Instagram, semua saya uninstall. Sepi memang, tapi saya merasa lebih banyak terlibat di dunia nyata dan tidak terlalu menghabiskan banyak waktu di dunia maya.

Selama sebulan saya tidak terlalu tahu kabar orang-orang di luar sana. Awalnya saya merasa ada yang kurang, tapi kemudian saya berpikir, untuk apa saya mengetahui urusan orang lain yang bukan menjadi urusan saya? Sebaliknya, saya justru lebih banyak tahu tentang kabar orang-orang di kehidupan nyata saya.

Kemudian saya sadar bahwa selama ini saya justru banyak mengabaikan orang-orang di sekitar saya. Kadang, saya merasa empati kepada orang-orang yang menyiarkan kabar dukanya di dunia maya, tapi saya tak bisa berbuat apa-apa. Sedangkan di dunia nyata, apa yang terjadi pada orang-orang di sekitar saya, malah tak muncul di depan mata meski sebenarnya tentu mudah bagi saya mengulurkan tangan.

Saya semakin merasa bahwa akun-akun media sosial yang ada selama ini hampir semua memicu rasa penasaran. Baik penasaran dengan kehidupan maupun dengan perasaan orang lain. Yang setelah saya pikir-pikir, segala yang ada pada orang lain tersebut gak selalu harus kita ketahui, kan?

Well, tapi sama seperti yang kita ketahui bersama, di samping itu, medsos juga banyak sisi positifnya. Setelah lebaran, tak bisa dimungkiri, saya pun kembali kepada akun-akun tersebut. Hanya saja, hari ini saya merasakan sekali bedanya dengan sebulan lalu.

Sepertinya, hidup lebih enak tidak bersentuhan dengan medsos, deh. Setidaknya, kita akan jauh dari prasangka kepada sesama manusia.

Leave a Reply

