Jamur Kuku

Beberapa minggu belakangan, saya menaruh perhatian lebih pada salah satu murid di sekolah. Perhatian itu menuju pada kuku-kuku kecil yang meruncing di jemarinya yang mungil. Sayangnya, lentik jarinya seolah ternoda oleh bercak kuning-hitam pada salah satu kuku kecilnya.

Berawal dari kebiasaan saya menilik kuku-kuku kecil murid, saya mendapati sebuah kuku kotor yang tidak biasa. Kalau kuku kotor biasanya hitam, kuku murid saya itu sedikit terangkat hendak mengelupas dipenuhi bercak. Saya curiga itu jamur.

Sepulang sekolah, saya coba sampaikan pada ibunya. Maybe, bisa direndam air hangat agar jamurnya hilang. Namun, hari-hari berikutnya keadaan kuku itu justru semakin parah. Kebetulan murid itu memang tidak ditungguin ibunya selama di sekolah. Sang ibu juga jarang menjemput, si anak lebih sering pulang dengan teman dan ibu temannya.

Di sekolah saya, pembelajaran cuma sampai hari Kamis. Ketika Senin, saya cek keadaan kuku murid itu, bukannya lega, saya justru semakin miris. Kuku-kuku mungilnya tidak hanya panjang, melainkan juga hitam (tanda tidak dipotong atau diperiksa selama Jumat–Minggu di rumah). Selain itu, jamur kuku yang dulu saya dapati hanya pada satu jari, kini sudah menyebar ke mana-mana. Si anak selalu menggeleng ketika ditanya apakah tangannya sakit. Namun, saat ditanya apakah gatal, dia mengangguk.

Hari ini, tetiba saya ingat gadis kecil yang pendiam itu. Semoga keadaan jari-jarinya semakin baik. Pihak sekolah sudah melakukan perawatan ringan, tapi tentu semua itu harus didukung orangtua di rumah. Kami juga sudah menganjurkan agar sang ibu memeriksakan kuku anaknya ke dokter. Semoga Senin depan, saya bisa tersenyum lega melihat tangan kecilnya tertangani dengan baik. Amiin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s