Mewarnai Bersama

Aktivitas mewarnai merupakan hal yang menggembirakan bagi anak-anak. Dari sana, mereka dapat melihat banyak warna yang seolah diciptakan oleh tangannya sendiri. Mereka juga belajar memilih dan menentukan, warna mana yang pantas memperlihatkan dunia mereka.

Ada sebagian anak yang memberikan warna seperti apa yang pernah ia lihat. Seperti memberi warna hijau pada pohon, merah pada apel, atau biru pada langit. Biasanya anak-anak tipe ini seringkali bertanya banyak hal kepada orang dewasa. Saya taksir, mereka ini tipe-tipe perfeksionis ketika dewasa nanti. Mereka tak segan bertanya, “Bu, kalau mangga warnanya apa ya?” jika lupa warna apa yang pernah mereka lihat itu.

Namun, ada pula yang menorehkan warna sesuka hatinya mau warna apa. Tak peduli itu apel atau jeruk, kalau ia ingin beri warna hitam atau biru, terjadilah warna itu. Anak-anak golongan ini, sepanjang pengamatan saya, terdiri dari dua tipe. Pertama, anak yang memang masih belum begitu mengerti warna atau belum pernah melihat gambar yang akan diwarnainya dalam objek nyata. Biasanya mereka lebih senang berekspresi dengan banyak warna. Alasannya sederhana, karena mereka suka. Sedangkan tipe kedua ditujukan bagi anak-anak yang memiliki imajinasi yang tinggi. Ketika mewarnai, mereka juga sambil membayangkan bagaimana serunya benda yang sedang diwarnainya itu. Anak-anak tipe ini umumnya suka bereksperimen, mereka sudah mengenal warna dan ingin mencoba warna-warna baru di objek yang sudah biasa mereka lihat.

“Bu, boleh gak apelnya aku kasih warna biru?”. Pertanyaan yang muncul menunjukkan bahwa si anak sudah tahu bahwa apel berwarna merah. Tapi, ia ingin lihat seperti apa jika apel itu berwarna biru? Pasti lebih seru! Pikirnya.

Perkara mewarnai memang kelihatannya sederhana, padahal dari sana kita bisa melihat banyak hal terkait perkembangan anak. Ketika sekelompok anak bersama-sama mewarnai satu gambar, perkembangan yang bisa dilihat jauh lebih banyak lagi.

Mewarnai bersama tidak hanya mengajarkan kerja sama dalam kelompok, tetapi juga dapat melatih anak agar teregulasi dengan baik. Anak-anak akan belajar berbagi peran dan bersabar menunggu giliran. Mewarnai bersama juga akan merangsang sikap kepemimpinan. Secara alamiah, pekerjaan kelompok akan menghadirkan leader yang mampu memosisikan diri untuk memimpin teman dan kelompoknya ke arah yang lebih baik. 

Selanjutnya, kegiatan mewarnai bersama ini akan lebih baik jika hasil kerja anak-anak dipajang di depan kelas. Mereka akan merasa bangga ketika pekerjaannya bersandar gagah di tembok kelasnya. Secara tidak langsung, hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri anak.

Kita juga dapat melihat bagaimana anak-anak tipe visual yang akan masih selalu ingat gambar mana yang dia warnai dan mana yang temannya warnai. Hal yang lebih membahagiakan jika ada anak yang masih akan mengingat bagaimana keseruan yang ia rasakan ketika mewarnai bersama teman-temannya. Tentu, tak ada yang lebih membahagiakan dari cerita kebahagiaan yang kita timbulkan, bukan?

Selamat mewarnai bersama 😀

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s