Malam

Kembali saya bertemu malam, kemudian menikmatinya. Rasanya baru kemarin, saya merenda-renda di tengah malam untuk mengadukan segala persoalan tentang pendidikan. Masa perkuliahan yang penuh perjuangan itu ternyata sudah tinggal kenangan.

Rasanya baru kemarin, ketika memantapkan diri terjun di usaha konveksi. Menghabiskan segala modal tabungan dan tenaga cadangan untuk berjibaku pada tumpukan kain yang serasa tak habis-habis. Baru kemarin sekali rasanya saya membuat banyak pola, memotong satu demi satu baju dengan amat sederhananya, sebegitu manualnya. Sebegitu nekatnya karena hanya modal ilmu kursus yang gak seberapa. Sudah setahun berlalu, rupanyaa.

Kini saya masih dengan rutinitas yang sama, hanya sedikit lebih rapi dan terarah. Tidak lagi saya tidur di tengah tumpukan kain, tidak pula jari saya sampai kapalan dan harus dioperasi kecil karena muncul mata ikan akibat kaget berinteraksi dengan gunting yang terlalu sering. Subhanallah walhamdulillah walailahaillah allahuakbar. Adalah Allah SWT yang telah menguatkan dan menyehatkan saya–dan bayi di kandungan saya–sehingga sampai detik ini saya masih bisa bekerja. Saya masih bisa memotong ratusan kain meski berangsur-angsur. Kadang, seperti tak percaya dengan kemampuan saya sendiri.

Ah, bisa apa saya ini, yang membuat saya mampu itu kan Allah. Tanpa-Nya, entah jadi apa saya sekarang. Malam ini saya bersyukur, dibalik segala pedih perih yang mengiringi perjalanan indyra, ada bungah yang merekah tatkala menilik segala karunia-Nya. Alhamdulillah, terima kasih Ya Allah atas segala nikmat yang seringkali tak terlihat. Terima kasih atas ujian, tantangan, harapan, dan kasih sayang yang tak henti Kau curahkan. Malam-malam-Mu tak henti memberi tahu: tiada satu nikmat pun yang bisa kami dustakan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s